Obat Pengencer Darah Kental Sering Kesemutan

Mengobati Darah Kental Sering Kesemutan, Migrain dan Pegal Pegal

Penyakit Kuning Pada Bayi

Sering kita jumpai bayi yang baru lahir kulit dan matanya berwarna kuning , mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan penyakit kuning pada bayi sangat wajar para orang tua panik ketika bayinya kulit dan matanya berwarna kuning. Kasus penyakit kuning pada bayi ini sekitar 60 % terjadi pada bayi yang lahir dengan usia kandungan yang cukup  dan 80% pada bayi yang lahir dengan usia kandungan nya yang kurang . Penyakit kuning pada bayi tidak selalu membahayakan tetapi jika terjadi terus menerus dan tidak di tangani dengan cepat dan tepat akan menyebabkan kerusakan pada otak .

bayi kuning

Penyakit Kuning Pada Bayi

Penyakit kuning pada bayi ,- merupakan penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar bilirubin  yang terkandung pada tubuh bayi tersebut. Kadar bilirubin meningkat jika bilirubin yang di hasilkan lebih tinggi di bandingkan dengan kadar bilirubin yang di keluarkan oleh tubuh. Kulit bayi dan mata bayi akan menjadi kuning jika kadar bilirubin itu sendiri lebih dari 5 mg/dl.

Penyakit kuning pada bayi ini memang tidak menyebabkan rasa sakit pada bayi  itu sendiri , tetapi jangan di anggap sepele juga dan jangan di biarkan terlalu lama karena tingginya kadar bilirubin dapat menyabkan kerusakan pada otak.

Warna kuning pada bayi biasanya tamoak di bagian tubuh kening atau bagaian putih mata . lalu kemudian menjalar pada dada, perut , lengan dan kaki. cara memeriksa bayi anda terkena penyakit kuning coba anda lakukan dengan menekan pada bagian  kening atua hidung sibayi menggunakan satu jari jika kulit bayi setelah di jari tangan di angkat menjadi kuning kemungkinan besar biluribin bayi kadar nya tinggi dan segeralah periksakan bayi anda ke dokter

Bilurubin berasal dari pemecahan sel darah merak bilurubin ini di proses dalam hati menjadi bilurubin terkonjugasi yang kemudian nantinya akan di buang melalui urine atau feses . Bilurubin yang tidak terkonjugasi akan menyebabkan bayi menjadi kuning

Penyebab Penyakit Kuning Pada Bayi

Penyakit kuning pada bayi atau ikterus merupakan hal yang wajar biasanya terjadi 3-4 hari setelah kelahiran dan akan menghilang sekitara 1-2 minggu kemudian. tetapi jika bayi yang terlihat kuning sebelum 24 jam kelahiran nya atau kadar bilurubin yang tinggi dalam tubuh si bayi . keadaan ini disebut dengan penyakit hiperbilurubinemia , jika kejadian seperti itu harus segera mendapat penanganan medis yang cepat dan tepat karena bilurubin yang berlebih dalam darah dapat masuk ke otak dan meninggalkan sisa permanen yang merusak .

  • Kurang nya asupan makanan

Ketika bayi berusia 2-3 hari pertama kelahiran nya , ibu belum dapat mengeluarkan air susu nya untuk anaknya . sehingga bayi emnjadi kuning kurang asupan makanan tapi tidak usah khawatir karena biasanya setelah beberapa hari kemudia ASI tersebut akan dapat keluar dan dapat memenuhi kebutuhan bayi .

  • Fungsi Usus dan Hati yang belum sempurna

Fungsi usus dan hati pada bayi baru lahir belum dapat bekerja dengan sempurna sehingga kadar bilurubin banyak yang tidak terkonjugasi dan tidak terbuang dari tubh si bayi . Biasanya terjadi pada hari kelahiran minggu pertama sampai minggu ketiga tetapi ada jug kasus yang berlangsung lebih lama yaitu sampai 10 minggu

  • Memar

Ketika proses kelahiran si bayi ,seorang bayi dapat mengalami memar atau lebam. memar atau lebam tersebut bisa di akibatakan karena  darah beku yang berkumpul. tubuh akan berupaya dalam menyembuhkan memar tersebut dengan cara menghancurkan darah yang beku tersebut yang juga akan meningkatkan bilurubin yang meningkat .

  • Kekurangan Enzim G6PD

Jika tubuh kekuranagan enzim ini akan menyebabkan peningkatan bilirubin . kelaianan enzim ini merupakan kelianan bawaan .

  • Penyakit Hemolitik

Penyakit ini terjadi karena golongan darah atau rhesus pada ibu tidak cocok dengan bayi, Akibatnya ibu akan membentuk antibodi yang menyerang sel darah merah bayi . Sel darah emrah yang terserang akan terpecah sehingga menghasilkan banayk bilurubin .

Penyembuhan Penyakit Kuning Pada Bayi

  • Jemur

Menjemur abyi di bawah paparan sinar matahari pagi dapat membantu mnegtasi ikterus ,Sinar matahari dapat membantu pemecahan bilurubin. Hanya saja hal yang harus di perhatikan waktu dan durasi ketika menjemur bayi jangan sampai kulit bayi anda menjadi terbakar akibat sinar matahari  dan juga plaing terpenting yaitu jangan samapai bayi terpapar sinar matahari langsung lebih dari 10 menit.

  • Memberi Asupan Yang Cukup

Sangatlah penting memberikan asupan yang cukup untuk bayi , makanan yang terbaik untuk bayi yaitu ASi dengan banyak asupana makanan yang masuk maka proses pembuangan urine dan feses juga dapat lebih lancar sehingga bilurubin di dalam tubh si bayi  terbantu keluar .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *