Obat Pengencer Darah Kental Sering Kesemutan

Mengobati Darah Kental Sering Kesemutan, Migrain dan Pegal Pegal

Sistem Peredaran Darah Pada Manusia

Pengertian Sistem Peredaran Darah

Sistem peredaran darah pada manusia merupakan suatu sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel.sistem peredaran darah sangat penting di kehidupan kita karena sistem ini menjadi kelangsungan hidup organisme serta di dukung oleh metabolisme setiap sel dalam tubuh dan mempertahankan sifat kimia dan fisiologis cairan tubuh. melalui peredaran darah zat makanan hasil pencernaan di alirkan ke seluruh tubuh yang memerlukan .

sistem peredaran tubuh

Selain itu oksigen yang di hasilkan dari sistem pernapasan kita juga di edarkan melalui peredaran darah dan karbondioksida yang kemudian di angkut oleh peredaran darah untuk di keluarkan melalui paru paru . sedangkan sisa makanan dan zat yang tidak di butuhkan oleh tubuh akan di bawa oleh aliran darah ke ginjal dan usus besar untuk di buang dan nantinya akan keluar berupa urine ataupun feses. Jika sistem peredaran darah terganggu maka sistem saraf juga akan menjadi tidak normal fungsinya karena aliran darah ke otak tidak mengalir secara normal

Ada terdapat dua jenis sistem peredaran darah yaitu sistem peredaran darah terbuka dan sistem peredaran darah tertutup . Sistem peredaran darah juga menjadi bagian dari kinerja jantung dan jaringan pembuluh darah di bentuk.

Alat Peredaran Darah

  •  Jantung.

Organ tubuh ini sangat penting keberadaan nya dalam sistem peredaran darah , jantung mempunyai peran yaitu sebagai pemompa dalam sistem peredaran darah. jukuran jantung kurang lebih sebesar kepalan tangan berwarna merah tua dan si bungkus oleh selaput yang bernama pericardium.organ jantung memiliki 3 katup yaitu diantaranya katup vena semilunair yang terdapat di pangkat aorta (ventrikel) kiri dan serambi (atrium) kiri serta valava trikuspidalis yang terletak di bagian anatar bilik kanan dan serambi (atrium) kanan.

Otot otot pada jantung di aliri oleh pembuluh darah yang di sering di sebut dengan pembuluh darah koroner.jantung tidak dapat di hentikan atau di percepat cara kerjanya karena jantung di perintah oleh saraf otonom yang berpusat di otak. siklus kerja jantung ada dua macam yaitu kontraksi otot jantung dan relaksasi otot jantung . saat kontraksi jantung memiliki tekanan tertinggi sedangkan saat relaksasi  memiliki tekanan terendah. siklus jantung yang normal ketika istorahata ada;lah 0,8 detik sehingga denyut jantung pada orang dewasa rata rata 70 kali/ menit. tetapi denyut jantung di pengaruhi oleh umur dan aktivitas .misalnya setelah berolahraga denyut jantung kita bertambah cepat.

  • Pembuluh Darah

Pembuluh darah terdiri dari beberapa bagian yaitu pembuluh darah nadi , vena dan kapiler. arteri berhubungan langsung dengan vena dan bagian kapiler dan venula yang di hubungkan oleh bagian endotheliumnya .dinding arteri lebih tebal dibandingkan dengan dinding vena, pada dinding vena dan erteri mempunyai 3 lapisan yaitu lapisan dalam yang terdiri atas endothelium, lapisan tengah terdiri atas otot polos dengan serat elastis. lapisan paling luar terdiri atas jaringan ikat dan di tambah dengan serat elastis. Cabang yang paling terkecil di vena disebut dengan kapiler.  letak arteri dan vena bersebelahan.

Darah mengisi jantung dan seluruh salurannya . karena ada denyut jantung yang terdapat di jantung maka darah akan mengalir . pembuluh darah yang berhubungan langsung dengan jantung disebut pembuluh darah utama . jika pembuluh darah makin jauh dengan jantung maka pembuluh darah akan makin bercabang cabang dan diameter nya makin semoit . akhirnya pembuluh darah tersebut sampai pada jaringan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *